Rabu, 22 April 2009

Kondisi Geografis Kecamatan Batu Aji




GEOGRAFI


1. LETAK

Wilayah Kecamatan Batu Aji terletak pada posisi sebelah Barat dari Wilayah Pulau Batam. Dan bersebelahan dengan wilayah Kecamatan hasil Pemekaran yaitu : Kecamatan Sagulung atau berada pada posisi :
• 60o02 Lintang Utara
• 10o30 Bujur Timur

2. BATAS

Kecamatan Batu Aji Berbatasan :

 Sebelah Utara : Kecamatan Sekupang.
 Sebelah Selatan : Kecamatan Sagulung, Kecamatan Bulang.
 Sebelah Barat : Kecamatan Belakang Padang.
 Sebelah Timur : Kecamatan Sei Beduk.


3. GEOLOGI

Wilayah Kecamatan Batu Aji seperti halnya Kecamatan-kecamatan lainya di Kota Batam ini, dimana wilayah Kecamatan Batu Aji terbagi menjadi dua wilayah yang terpisahkan oleh satu titik pada persimpangan tempat lampu merah Base Camp atau antara Kecamatan Sekupang dan Sagulung.

Permukaan tanah di Kecamatan ini pada umumnya dapat di golongkan datar dengan beberapa variasi perbukitan rendah dengan ketinggian maksimum 110 meter di atas permukaan laut, terdapat juga sungai kecil dengan aliran air yang sangat pelan serta semak belukar yang diselingi hutan muda pada hulunya,
sementara pada bagian bibir pantai ditumbuhi hutan mangrove (hutan bakau) muda yang kian hari makin menipis seiring dengan pergeseran fungsi dari lahan tersebut, yang banyak dipengaruh perkembangan ekonomi di Kota Batam.
Permukaan tanah pada umumnya :
 Datar : 50 %
 Berbukit : 35 %
 Bergelombang : 15 %

4. I K L I M.

Iklim wilayah Kecamatan ini sama dengan wilayah yang segaris dengan lintangnya yakin tropis dengan suhu (temperature) minimum pada Januari 2007 berkisar antara minimum 21,00C sampai dengan maksimum 31,30C. dengan suhu (temperature) rata-rata sepanjang bulan Januari 2005 mencapai 26,50C sedangkan tekanan udara mencapai sekitar 1.006,5 sampai dengan 1.016,1 MBS, (milli bar per second) atau dengan rata-rata tekanan udara sebesar 1.012,1 MBS.

Kecepatan angin di wilayah ini mencapai sebesar 20 Knot dari arah timur laut atau dengan rata-rata mencapai 7 Knot (1 knot = 1.8 Km) dengan arah utara dengan kategori kecepatan lambat (sehat). Selanjutnya jumlah hari hujan di Wilayah Kecamatan Batu Aji pada tahun 2007 mencapai 220 hari dengan rata-rata perbulan mencapai 18 hari hujan sehingga dengan letak, struktur tanah dan iklim di Wilayah Kecamatan Batu Aji maka wilayah ini kurang cocok bila di kembangkan menjadi wilayah pertanian pangan atau padi sawah akan tetapi lebih cocok kepada pengembangan tanaman perdu semusim atau tanaman holtikultura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar